General Lecture : Bekali Keterampilan Dosen Menggunakan Metodologi System Dynamics

Kuningan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP Muhammadiyah Kuningan kembali mengelar Kuliah Umum (General Lecture) yang menghadirkan pembicara Dr. Irman Firmansyah, M.Si. yang merupakan Haed of System Dynamics Center – Indonesia, dan sebagai Lecturer Doctoral Program ESK & PSL di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kuliah umum yang dihadiri oleh para Dosen ini berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 di Ruang Rapat Dosen, Lantai 1 kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kamis (30/1/2020).

Ketua STKIP Muhamamdiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan para dosen, sehingga para dosen mengetahui apa yang harus mereka kerjakan (what to do next), dosen harus menjadi problem solver dalam pencapaian target kampus yang berkemajuan. Maju mundurnya STKIP Muhammadiyah Kuningan bagian yang tidak terpisahkan dari akumulasi perencanaan yang baik dari personal dosen itu sendiri. Apapun program yang akan dilakukan oleh dosen atau kampus itu harus berbasis research, Tegas Nanan.

Dr. Irman Firmansyah menjelaskan bahwa system dynamics (dinamika sistem) merupakan pendekatan pemodelan untuk analisis kebijakan yang bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menggunakan metodologi system dynamics untuk membuat model sebagai suatu alat bantu dalam proses analisis kebijakan.

Dr. Irman menegaskan tentang kompleksnya pemasalahan dalam perkembangan zaman terasa semakin berat dari berbagai aspek kehidupan. Dimana permasalahan satu dengan yang lainnya saling terkait dan diperlukan pengelolaan secara holistik, tetapi disisi lain banyak yang membuat kebijakan secara parsial sehingga pengelolaan yang terjadi saling tumpang tindih, tidak efisien, dan kurang efektif tanpa mengetahui akar permasalahan yang utama. Sehingga STKIP Muhamamdiyah dalam tantangan menghadapi perubahan di segala aspek kehidupan, bahkan perkembangan diberbagai sektor memerlukan sistem dan tata kelola yang memiliki suatu perencanaan dan kebijakan yang tepat, efektif dan efisien serta dapat mempertimbangkan perubahan-perubahan kondisi dimasa mendatang, sehingga mampu dilakukan manajemen resiko yang akan terjadi.

Materi yang disampaiakn Dr. Irman sudah didesain bagi dosen yang akan bergelut dalam membuat perencanaan dan kebijakan (pemerintah, pelaku, akademisi, mahasiswa ataupun praktisi) sehingga mampu membuat perencanaan dan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Secara sistematis Dr. Irman menyampaikan materinya mulai dari pemahaman ilmu sistem dan modeling, Penentuan tujuan dalam perencanaan, strategi & pemecahan masalah, Pemahaman desain Causal Loop (Simpal Kausal), Pemahaman struktur & permodelan, Pemahaman simulasi, Pemahaman validasi dalam model, Analisis kasus dan metode praktek.

Harapan dari materi yang disampaiakn dalam general lecture ini, bisa dipahami oleh para dosen tentang konsep-konsep berpikir mengenai sistem dan mampu menguasai metodologi yang tepat dalam mendesain suatu perencanaan dan kebijakan. “Kemudian kegiatan ini akan ditindaklanjuti sampai para dosen di STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki keterampilan khusus dalam menerapkan system dynamics untuk pembuatan perencanaan dan kebijakan di sektor akademik”, pungkas Nanan. (sekre/asa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *