Workshop Manajemen Perubahan SMK 1, 2, dan 3 Muhammadiyah Kuningan

STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar Workshop Manajemen Perubahan bagi SMK 1, 2, dan 3 Muhammadiyah Kuningan, Sabtu s.d minggu, 22 – 23 Oktober  2022. Kegiatan yang diselenggarakan secara hibrid ini berpusat di Gedung Djarnawi Hadikusuma Lantai 3, STKIP Muhammadiyah Kuningan. kegiatan pembukaan workshop ini, dihadiri oleh Dikdasmen PP Muhammadiyah Bapak Abdulah Mukti, M.Pd, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bapak Drs. Wahid T BK MA , Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Bapak Nanan Abdul Manan, M.Pd, dan Wakil Ketua II Bapak Hermawan, M.Si.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Bapak Nanan Abdul Manan, M.Pd., saat menyampaikan laporannya mengatakan, workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan performa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah di Kabupaten Kuningan.

Nanan mengungkapkan, sebagai bentuk amal usaha muhammadiyah  yang sama-sama bergerak dibidang pendidikan  STKIP Muhammadiyah bersama-sama dengan SMK Muhammadiyah senantiasa mendorong melakukan optimalisasi manajemen perubahan pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Kuningan menjadi sekolah unggul dan berkemajuan. Program ini fokus pada peningkatan performa tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pengelolaan sekolah atau manajemen perubahan sekolah menjadi lebih unggul.

Adapun materi dan narsumber yang dihadirkan diantaranya: 1). Kultur Sekolah Kunci Utama Sekolah Unggul dan Berkemajuan oleh Dr. Muh. Syamsudin Ahmad, M.Pd Ketua BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan. 2). Kupas Tuntas Sukses PPDB Sekolah Muhammadiyah oleh Agus Suroyo, M.Pd.I dan Hasanudin Salimi, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul Yogyakarta dan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. 3). Melompat Lebih Tinggi Sekolah Muhammadiyah Unggul dan Berkemajuan oleh Abdulah Mukti, M.Pd, Dikdasmen PP Muhammadiyah. 4). Strategi Mewujudkan SMK Muhammadiyah Berkemajuan oleh Dr. Ir. Bakrun, M.M Direktur SMK Kemdikbud RI 2017-2021 dan Dikdasmen PP Muhammadiyah. 5). Best Practices SMK Muhammadiyah Unggul, Berkemajuan (Manajemen Perubahan SMK Musaba) oleh Harimawan, S.Pd.T Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari satu malam, panitia kegiatan menyediakan kamar menginap bagi peserta di kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. Apabila hari pertama, diawali dengan kegiatan pembukaan dilanjut pemaparan materi dari narasumber. Maka hari kedua, diawali dengan qiyamul lail, shubuh berjamaah, kultum hingga tadarus Al-Qur’an dimentori oleh Bapak Asep Usamah, M.Pd Ketua Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan, disambung Outbound Tematik yang dimentori oleh Bapak Dr. Casnan, M.Si Wakil Ketua I, untuk kemudian pemaparan materi oleh para narasumber. Kegiatan Workshop ditutup dengan kegiatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari masing-masing Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kuningan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *